Pengertian Leukemia Kanker Darah

Anda tentu sudahpernah mendengar mengenai penyakit Leukimia, bukan? Leukemia adalah salah satu jenis kanker yang sering juga disebut dengan kanker darah. Kanker ini akan menyerangsel darah sehingga darah akan sulit membeku. Hal ini tentu akan sangatmembahayakan bagi semua orang terutama bagi yang memiiliki anak kecil. Adabanyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang terkena penyakitberesiko tinggi yang satu ini. Pasalnya, penyakit kanker tidak hanya disebabkanoleh keturunan saja tetapi bisa terjadi akibat pola makan yang tidak sehat.Untuk mengetahui seseorang terkena penyakit leukemia atau tidak, Anda bisamengetahui melalui gejala-gejala yang terlihat. Anak yang terkena leukemia akanmemberikan ciri-ciri berupa sering mengalami memar dan sering mengeluarkandarah. Kemudian, anak juga sering mengalami anemia atau gejala kurangnya darah.

Kenali Penyebab Leukimia sejak Dini

Selain mengetahui dari beberapa gejala, terdapat beberapa penyebab seseorang terkena penyakit leukemia seperti berikut ini.

  • Pola Hidup yang Tidak Sehat

Salah satupenyebab penyakit leukemia adalahmemiliki pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang tidak sehat bisa menjadisalah satu faktor penyebab dari leukemia. Hal utama yang menjadi pemicu yangadanya zat-zat kimia yang terkandung pada baju, karpet, sofa dan beberapaperabotan rumah tangga lainnya. Perabotan rumah tangga bisa menjadi salah satupenyebab terjadinya leukemia atau kanker darahpada anak. Pada perabotan rumah tangga terdapat salah satu kandungan kimia yangsangat berbahaya dan menjadi pemicu utama leukemia. Kandungan tersebut bernamaPerchlorethylene. Kandungan ini selalu ada di berbagai macam perabotan rumahtangga. Misalnya saja, kandungan ini ada pada semir sepatu. Kandunga ini bisasangat berbahaya bagi tubuh dan bisa mausk melalui saluran pernapasan.

  • Faktor Keturunan

Penyebab lain dari penyakit leukemia adalah faktor keturunan. Bagi beberapa orang yang memiliki garis keturunan dari generasi ke generasi yang anggotanya memiliki riwayat penyakit kanker darah akan memiliki resiko yang tinggi terkena penyakit ini. Misalnya seorang anak mendapatkan leukemia dari keturunan ayah atau ibu yang memiliki riwayat penyakit leukimia. Salah satu cara supaya anak tidak mengalami sakit yang terlalu parah sehingga bisa menyebabkan kematian, Anda bisa melakukan metode pencehagan sejak dini untuk menekan risiko penyakit tersebut. Anda bisa melakukan cek kesehatan secara rutin supaya penyakit lebih dini untuk ditangani.

  • Kekebalan Tubuh yang Lemah
Baca Juga :  Refrensi Alat Tes Kehamilan Selain Tes Pack, Ada Cara Alami Juga lho.

Leukimia selain disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dengan menggunakan bahan-bahan atau perabotan yang mengandung bahan kimia tinggi serta faktor keturunan juga disebabkan oleh virus yang menyerang kekebalan tubuh. Virus penyebab leukemia adalah Kelumia Feline serta Retrovirus. Virus ini akan sangat mudah menyerang seseorang yang memiliki kekebalan tubuh lemah. Hal ini harus selalu diperhatikan bagi Anda yang memiliki anak kecil dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Karena akan sangat mudah untuk terkena penyakit kanker darah.

  • Berdampingan dengan Perokok Aktif

Rokok dan asaprokok sangat berbahaya bagi anak kecil. Anak kecil yang hidup berdampingandengan perokok aktif dan sering menghirup asap rokok bisa membuat anak tersebutmudah terserang penyakit leukemia. Penyebab leukemia yaitu asap rokok yangmengandung bahan kimia terlalu tinggi. Risiko terkena penyakit beresiko tinggibagi anak-anak yang menjadi perokok pasif sejak kecil sangatlah tinggi. Selainitu, anak-anak juga akan memiliki sistem pernapasan yang lemah. Leukemia adalah salah satu penyakit kanker darah yang sangat berisikotinggi. 

mom