5 Manfaat Lidah Buaya Pada Kulit

Kulit kering sebenarnya bukan hanya bisa terjadi pada jenis dry skin saja. Bahkan, seseorang yang memiliki jenis kulit oily pun bisa sesekali mengalami gejala kulit kering. Biasanya, kulit kering ditandai dengan kulit mengelupas dan bersisik. Bahkan, beberapa orang bisa sampai mengalami gatal-gatal.

Masalah kulit yang satu ini memang sulit untuk disembunyikan dengan makeup. Bahkan, penggunaan makeup pada kulit kering bisa memperburuk masalahnya. Jika Anda memiliki kulit yang bersisik dan terasa gatal, bisa menggunakan cara menghilangkan kulit kering rumahan. Dengan bahan-bahan yang bisa mudah ditemukan di dalam rumah, Anda bisa menenangkan berbagai keluhan kulit kering yang cukup mengganggu:

  1. Kompres dan Mandi Air Hangat

Cara menghilangkan kulit kering yang pertama adalah dengan mengompres atau mandi air hangat. Usahakan suhu air sebatas suam-suam kuku saja. Selain itu, sebaiknya jangan terlalu lama berendam. Sebaliknya, jika Anda mandi terlalu lama justru bisa membuat kulit menjadi semakin kering.

Dermatologis menyarankan untuk mengatasi kulit kering, durasi mandi air hangat sekitar 5 hingga 10 menit saja. Alternatif lainnya adalah dengan mengompres area kulit kering dengan air hangat. Anda bisa memakai waslap bayi bersih yang sebelumnya telah dicelupkan dalam air hangat.

Gosoklah secara lembut dengan gerakan memutar untuk mengangkat sisa kulit mati. Lakukan beberapa kali sehari. Selanjutnya, keringkan kulit dan oleskan pelembab ke area kulit kering.

  1. Mengoleskan Petroleum Jelly

Petroleum jelly akan bekerja dengan baik pada kulit kering. Produk tersebut mampu mengunci kelembaban kulit. Petroleum jelly bertindak sebagai humektan yang bisa menyegel kelembaban dalam kulit. Meskipun teksturnya kental dan lengket, tapi sebenarnya, molekulnya akan mudah masuk ke dalam kulit.

Selain petroleum jelly, Anda juga bisa menggunakan jenis minyak organic seperti minyak almond, zaitun, serta virgin coconut oil. Produk tersebut akan merangkap kelembaban ketimbang berbagai krim pelembab yang dijual bebas di pasaran.

  1. Menggunakan Masker Lidah Buaya
Baca Juga :  Bahaya Radiasi Elektromagnetik Ponsel Bagi Ibu Hamil

Masker lidah buaya adalah salah satu cara menghilangkan kulit kering secara alami. Masyarakat sudah semakin menyadari manfaat lidah buaya untuk kesehatan maupun kecantikan. Sehingga tanaman tersebut sudah banyak dibudidayakan di pekarangan rumah.

Lidah buaya mengandung vitamin E, A, C, dan B. Asam amino dan mineral juga terdapat dalam tanaman ini. Nah, banyak juga yang belum tahu manfaat lidah buaya untuk bayi. 

Cara menggunakan masker lidah buaya adalah sebagai berikut:

  • Ambil selembar daun lidah buaya
  • Kupas kulitnya, lalu ambillah gel didalamnya
  • Gunakan kuas atau oleskan langsung gel lidah buaya ke bagian kulit yang kering
  • Tunggu hingga kering, lalu bilas menggunakan air bersih
  1. Merendam Kulit Dengan Susu

Susu sudah digunakan sejak zaman dahulu kala untuk merawat kulit. Salah satunya adalah cara menghilangkan kulit kering. Kandungan asam laktat dan lemak di dalam susu dapat menjadi pembersih wajah yang ringan serta memberikan kelembaban ekstra.

Caranya dengan mengompres kulit wajah menggunakan waslap yang telah direndam dengan susu putih dingin. Usapkan pada kulit bersisik dengan gerakan melingkar.

  1. Menggunakan Tabir Surya

Sinar matahari seringkali menyebabkan kerusakan kulit dan kulit kering. Anda bisa mengoleskan tabir surya broad spectrum ber-SPF 30 setiap akan keluar rumah. gunakan juga pakaian yang panjang, tipis, serta longgar. Hal tersebut bisa mencegah kulit terpapar sinar matahari secara langsung.

Itulah lima cara menghilangkan kulit kering alami dan rumahan. Sebaiknya Anda melakukan perawatan tersebut secara rutin guna mendapatkan kulit yang terhidrasi dengan baik.

mom