Bahaya Radiasi Elektromagnetik Ponsel Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil wajib untuk lebih berhati-hati saat menggunakan ponsel. Pasalnya, bahaya radiasi elektromagnetik HP akan berdampak pula pada janin dalam kandungan ibu. Penelitian yang dilakukan oleh Yale School of Medicine di Australia memaparkan bahwa radiasi yang berasal dari ponsel akan mempengaruhi perkembangan otak janin serta menyebabkan anak berkembang menjadi hiperaktif. Radiasi yang sama juga berpotensi mengganggu sel hingga rusak serta menyebabkan keguguran saat usia janin memasuki 2 atau 3 bulan.

Cara Mengurangi Radiasi HP

Selain itu, ternyata masih ada beberapa gangguan lain yang bisa terjadi sebagai akibat dari radiasi ponsel. Kita wajib tahu apa saja bahaya yang mungkin terjadi agar bisa meminimalisirnya.

  1. Gangguan Perkembangan Otak Janin

Radiasi elektromagnetik akan dapat menyebabkan gangguan pada otak janin. Dampak ini memang tidak akan terlihat langsung. Akan tetapi, gangguan otak yang terjadi sebagai akibat dari radiasi ponsel di antaranya adalah tumor, insomnia hingga menurunnya kemampuan otak.

  1. Memori Rendah

Gangguan lain yang disebabkan radiasi ponsel ialah bayi akan lahir dengan memori yang rendah. Hal ini telah diujicoba Yale School of Medicine di Australia. Dengan menggunakan tikus percobaan, daya ingat bayi tikus yang lahir tampak lebih rendah setelah dipapar sinar radiasi. Oleh karena itu, apabila kita tidak ingin anak kita kelak memiliki memori atau daya ingat rendah, jangan dekatkan ponsel ke perut saat tengah mengandung.

  1. Hiperaktif

Radiasi elektromagnetik dari ponsel juga bisa membuat anak menjadi hiperaktif. Penggunaan ponsel terlalu lama saat ibu tengah mengandung akan membuat anak lahir menjadi hiperaktif. Resiko tingkah laku anak yang hiperaktif ini didapat dari paparan radiasi ponsel serta bisa terus terjadi hingga bayi tumbuh besar. Hal ini turut dibuktikan Yale School of Medicine di Australia lewat tikus-tikus percoabaan.

  1. Kanker Payudara
Baca Juga :  Tanda-Tanda Hamil 2 Minggu

Efek radiasi ponsel tak sekedar membahayakan janin namun juga ibu. Salah satunya adalah berpotensi menyebabkan kanker payudara. Apalagi jika ponsel seringkali diletakkan di dekat payudara, misalnya di dalam kantong dada. Kebiasaan ini akan memicu tubuh kita mendapat paparan radiasi serta mengakibatkan kemunculan sel kanker payudara.

  1. Keguguran

Efek samping dari radiasi elektromagnetik berikutnya adalah keguguran yang bukan tidak mungkin akan terjadi pada ibu. Hal ini tentu sangat menyeramkan serta menjadi mimpi buruk dari tiap ibu hamil. Keguguran akan dapat terjadi pada kandungan yang menginjak usia 2 sampai 3 bulan. Kurangi penggunaan ponsel mengingat paparan radiasi yang benar-benar membahayakan bagi janin dalam kandungan serta ibu hamil sendiri.

Agar bisa terhindar dari radiasi ponsel, yang bisa dilakukan ialah jangan terlalu sering memainkan ponsel. Akan lebih baik jika ponsel dimatikan saat malam hari. Rajin-rajinlah mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan agar daya tahan tubuh ibu dan janin dalam kandungan bisa terpenuhi. Isi waktu dengan kegiatan positif yang menyenangkan serta bermanfaat agar ibu tidak melulu melihat layar ponsel. Ini karena seringkali seseorang memainkan ponselnya untuk mengisi waktu luang.

Demikian adalah beberapa bahaya radiasi elektromagnetik ponsel bagi ibu hamil. Ibu harus mewaspadai semua efek samping di atas agar dapat semakin mengontrol waktu penggunaan ponsel sehari-hari. Paparan sinar radiasi ponsel terbukti sangat berbahaya serta sebaiknya diminimalisir dengan mengurangi intensitas pemakaiannya, terutama apabila memang sedang tidak perlu sekali menggunakan ponsel.

 

 

mom