Hamil Satu Minggu? Ini Tanda-Tandanya

Kehamilan adalah sebuah berita yang sangat menggembirakan bagi pasangan suami istri. Apalagi jika kabar tersebut datang kepada pasangan suami istri yang menikah belum lama. Pastinya kehamilan menjadi kejutan dan kabar yang sangat menggembirakan bagi mereka. Karena dengan kehamilan mereka akan segera memiliki momongan dan mereka merasa bahwa pernikahan mereka akan terasa sempurna.

Pengetahuan mengenai kehamilan sangat diperlukan bagi pasangan suami istri, terlebih untuk pasangan suami istri yang belum lama melaksanakan pernikahan. Terdapat beberapa tanda-tanda kehamilan. Dimulai dari tanda-tanda hamil 1 minggu hingga menuju tanda-tanda persalinan.

Oleh karena itu, untuk para calon ibu, bila mengalami hal-hal yang aneh pada diri Anda setelah menikah, baik dari fisik ataupun dari kejanggalan-kejanggalan lainnya, bisa jadi  merupakan tanda-tanda awal kehamilan bahkan mungkin yang sedang dirasakan masuk dalam tanda-tanda hamil 1 minggu.

Terkadang terlambat haid sering dikaitkan dengan tanda kehamilan, padahal belum tentu terlambat haid merupakan tanda kehamilan. Karena bisa jadi hanya terlambat biasa. Akan tetapi, bila terlambat haid disertai tanda-tanda lainnya yang masuk dalam tanda  kehamilan, bisa jadi terlambat haid tersebut memang karena adanya kehamilan. Oleh karena itu perlu diketahui beberapa tanda-tanda kehamilan.

Tanda hamil dari yang pertama adalah tanda-tanda hamil 1 minggu. Seperti apa si tanda-tanda hamil 1 minggu? Bila para calon ibu belum mengetahuinya, berikut beberapa tanda-tanda hamil 1 minggu:

1. Payudara bengkak dan sensitif

tanda-tanda hamil 1 minggu

orami.co.id

Tanda-tanda hamil 1 minggu yang satu ini adalah payudara bengkak, sensitif, dan nyeri saat disentuh. Sebetulnya gejala ini juga terjadi pada saat PMS, akan tetapi rasa nyeri payudara pada saat kehamilan memunculkan rasa yang lebih sakit dibandingkan pada saat PMS. Selama masa kehamilan, payudara Anda mungkin akan menjadi sangat sensitif, nyeri saat disentuh, serta terlihat lebih berisi dan besar. Tidak hanya itu, beberapa wanita juga sering merasakan sensasi kesemutan di daerah sekitar puting susu. Warna kulit di area puting Anda juga mungkin bisa menjadi lebih gelap. Semua gejala ini disebabkan karena lonjakan hormon progesteron (hormon kehamilan) yang meningkat dengan sangat drastis.

Baca Juga :  Tanda-Tanda Hamil 2 Minggu

2. Mual dan Mengidam

tanda-tanda hamil 1 minggu

mencegahpenyakit.com

Mual baik dengan atau tanpa muntah masuk dalam salah satu tanda-tanda hamil 1 minggu.

Mual terjadi karena perkembangan hormon kehamilan. Mual tidak selalu terjadi pada ibu hamil, Karena ada ibu hamil yang sama sekali tidak merasakan mual. Akan tetapi, kebanyakan ibu hamil merasakan mual. Ketika calon ibu merasa mual terlebih ketika terlambat haid bisa jadi hal tersebut merupakan tanda-tanda hamil 1 minggu. Seseorang yang merasakan mual, menyebabkan orang tersebut menginginkan makanan-makanan segar yang identik dengan istilah mengidam. Sehingga, wajar jika calon ibu mengalami hal tersebut.

3. Sakit pinggang bagian bawah

tanda-tanda hamil 1 minggu

m.klikdokter.com

Sakit pinggang pada ibu hamil disebabkan karena berbagai hal. Bisa karena perkembangan rahim atau perubahan hormon.

Berikut penyebab sakit pinggang pada tanda-tanda hamil 1 minggu:

  • Rahim mengalami perkembangan
tanda-tanda hamil 1 minggu

kalenderkehamilan.blogspot.com

Salah satu alasan ibu yang sedang mengandung melakukan senam hamil adalah untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang. Sakit yang dapat terjadi akibat rahim mengalami perkembangan.

  • Perkembangan hormon meningkat

Meningkatnya hormon progesteron dan estrogen pada ibu hamil menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit pinggang. Peningkatan-peningkatan ligamen yang disebabkannya menjadi pemicu utama terjadinya sakit pada pinggang.

Beberapa tanda-tanda di atas merupakan tanda kehamilan 1 minggu setelah telat haid, ada juga tanda hamil 1 minggu sebelum telat haid seperti sering buang air kecil, mudah lelah, dan lainnya. Tanda-tanda hamil 1 minggu sebelum haid sangat mirip dengan PMS, sehingga terkadang ibu hamil sulit mengetahui apakah itu tanda awal kehamilan atau hanya menstruasi biasa. Oleh karena itu, untuk para calon ibu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui apakah dialami merupakan tanda awal kehamilan atau bukan.

Baca Juga :  Bahaya Radiasi Elektromagnetik Ponsel Bagi Ibu Hamil
mom