Tanda-Tanda Hamil 2 Minggu

Kehamilan adalah momen istimewa yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan muda. Meski ditunggu-tunggu, tidak sedikit dari ibu muda belum mengetahui tanda-tanda awal kehamilan.  Terkadang ibu muda salah mengira sindrom menjelang haid (PMS) sebagai tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid.

tanda-tanda hamil 2 minggu

mamibuy.co.id

Ada beberapa persamaan antara PMS dan tanda kehamilan, terlebih pada tanda-tanda hamil 2 minggu sebelum haid. Akan tetapi, ada pula perbedaan antara dua hal tersebut. Pada tanda kehamilan tanda-tanda seperti kram perut, mudah lelah, lebih terasa dibandingkan dengan tanda-tanda PMS. Dan pada tanda kehamilan biasanya terjadi mual, sehingga dapat dibedakan antara tanda kehamilan dan PMS. Tanda-tanda hamil 2 minggu merupakan tanda hamil kedua yang dapat diketahui tanda-tandanya setelah tanda hamil 1 minggu seperti:

  • Terlambat haid
tanda-tanda hamil 2 minggu

batam.tribunnews.com

Terlambat haid merupakan tanda kehamilan yang sering dijadikan patokan oleh seorang ibu hamil. Padahal belum tentu ketika terlambat haid sudah pasti hamil. Namun, jika terlambat haid sudah cukup lama dan disertai tanda-tanda kehamilan lainnya, bisa jadi seorang wanita tersebut sedang hamil.

  • Mual yang masih berlanjut
tanda-tanda hamil 2 minggu

abiummi.com

Mual berkelanjutan merupakan tanda-tanda hamil 2 minggu yang juga sangat umum dialami oleh ibu hamil muda.  Mual yang dialami oleh seseorang yang sedang mengandung bukanlah mual yang menjadi bagian dari gejala masuk angin..

  • Perubahan pada payudara

tanda-tanda hamil 2 minggu

go-dok.com

Terdapat tanda-tanda hamil 2 minggu berupa pembesaran pada payudara yang diakibatkan karena adanya perubahan hormon pada wanita hamil. Hal tersebut menyebabkan payudara menjadi lebih kencang dan mengalami perbedaan ukuran dari sebelumnya.

  • Sering buang air kecil

Terjadinya perkembangan hormon juga menyebabkan produksi urin yang berlebih. Ditambah dengan berkembangnya rahim yang mengakibatkan tekanan untuk buang air kecil yang lebih sering dari sebelumnya.

  • Mudah lelah

Mudah lelah masuk dalam salah satu tanda-tanda hamil 2 minggu. Hal ini biasanya terjadi karena ibu hamil kekurangan nutrisi. Ibu hamil kekurangan nutrisi dikarenakan harus berbagi nutrisi dengan si janin yang sedang dikandungnya. Oleh karena itu, mengapa ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak nutrisi agar nutrisi si ibu dan si janin dapat tercukupi dan tetap menjaga kesehatan baik pada calon bayi maupun si ibu yang sedang mengandungnya.

  • Sensitif terhadap aroma

tanda-tanda hamil 2 minggu

ibudanbalita.com

Baca Juga :  5 Manfaat Lidah Buaya Pada Kulit

Ketika seorang ibu hamil menginjak usia muda, indra penciuman menjadi lebih sensitif disebabkan karena pengaruh hormon pula. Sehingga bisa menyebabkan nafsu makan berkurang atau naik. Karena seolah mengalami kemampuan yang meningkat terhadap indra penciuman

  • Keluar bercak darah
tanda-tanda hamil 2 minggu

hamiloke.com

Keluarnya bercak darah juga termasuk salah satu tanda-tanda hamil 2 minggu. Bahkan ada yang sebelum 2 minggu sudah keluar bercak darah. Namun pada umumnya bercak darah menjadi ciri khas bahwa masa  hamil memasuki usia 2 minggu.

Bercak darah yang keluar menjadi tanda menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim sehingga terjadi pengeluaran darah yang hanya berupa bercak saja.

  • Sembelit

Perubahan hormon kehamilan menyebabkan kerja sistem pencernaan melambat, sehingga dapat menyebabkan sembelit.

Beberapa hal di atas merupakan tanda-tanda hamil 2 minggu setelah berhubungan. Akan tetapi, beberapa tanda di atas terkadang datang sebelum 2 minggu atau mungkin sesudah 2 minggu.

Jika Anda masih bingung dalam menyimpulkan apakah yang Anda rasakan termasuk tanda kehamilan atau bukan, Anda bisa melakukan pemeriksaan kepada ahlinya. Sehingga Anda bisa mengetahui dengan jelas bahwa Anda benar-benar sedang hamil dan juga dapat mengetahui usia kehamilan Anda.

Bila ada keluhan yang tidak biasa dan di luar kemampuan pengetahuan Anda, segera datang ke ahlinya. Hal tersebut berguna untuk meminimalisir risiko yang dideteksi akan terjadi.

mom